Tips Mudah Menghafalkan Al-Qur'an

Siapa bilang menghafal Qur'an itu susah? Jika anda belum mencobanya atau takut mencobanya, anda tidak bisa mengatakan menghafalkan Qur'an susah.
Susah atau mudahnya tergantung suasana dan masalah yang ada dikitanya.

Berikut penulis akan menuliskan beberapa Tips Menghafalkan Qur'an. Tips ini juga berdasarkan pengalaman penulis dan juga beberapa teman-teman menghafalkan 30 Juz Qur'an dan pesan-pesan Ustadz kami.

Berikut Tips Mudah Menghafalkan Al-Qur'an:

  1. Niat Ikhlas

  2. Harus punya Niat yang kuat (kuat membara), kemudian diperkuat dengan Sholat Hajat (meminta kelancaran, kemudahan, dan kesempurnaan).
  3. Perbaiki Tajwid dan Makhroj

  4. Jika kita belum memiliki kemampuan bacaan yang baik, perbaiki makhroj dan tajwidnya terlebih dahulu. Ini sangat berpengaruh sekali terhadap kelanjutannya nanti. Caranya, banyak-banyak membacanya (jangan menghafalkannya dahulu) dengan memperdengarkannya kepada Ustadz/Saudara yang diyakini telah bisa mengahafalkan Qur'an.
  5. Cari Halaqoh atau Ustadz/Mentor dan ikut belajar dengannya (jangan sendiri).

  6. Tidak masalah jika anda memang menginginkan menghafalannya secara mandiri, namun Anda harus perlu menyetorkan Hafalannya secara Langsung (Face to Face) dengan yang sudah Ustad/Orang yang telah hafal, setidaknya kepada orang yang sudah ahli membaca Al-Qur'an.
  7. Pasang Target

  8. Jangan muluk-muluk, sesuaikan dengan kemampuan. [Penting!!!] Menghafal Qur'an sebenarnya yang dikejar bukanlah Kuantitasnya namun Kualitasnya. Saya penah mendengar, bahwa sahabat Nabi dulu tidak beranjak ke hafalan berikutnya jika tidak benar-benar menerapkan apa yang dihafalkan.
  9. Gunakan Metode yang sesuai dengan minat dan kemampuan

  10. Sebab setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada orang yang hafal hanya dengan mendengar saja, Ada yang perlu membaca ayat per-ayat, ada yang sekaligus 1 Halaman, Ada yang perlu membacanya sampai 70 kali, dan sebagainya...
  11. Siapkan Al-Quran Hafalan yang Baik

    • Saran saya gunakanlah Mushaf Madinah (yang 15 Baris).
    • Tetapkan Al-Qur'an yang digunakan hafalan, dan jangan ganti sampai selesai (tetapkan!).
    • (Saran) Gunakanlah Al-Qur'an yang sedang/tanggung (jangan menghafalkan menggunakan Al-Qur'an kecil).
    • Jika perlu hiasi Al-Qur'an dengan Kata-kata Mutiara dan Kata-kata Semangat (pengalaman dulu, teman saya menuliskan target hafalan di sisi Qur'annya), sangat efektif untuk meningkatkan semangat. Coba...
  12. Siapkan benar-benar mental, tempat, tenaga, dan waktu

  13. Carilah tempat yang nyaman, dan usahakan sediakan waktu yang cukup. 
Tips Mudah Menghafalkan Al-Qur'an
Suasan Halaqoh Qur'an di Rumah Tahfidz Riyadhul-Qur'an

Berikut Metode yang umum digunakan dalam menghafalkan Qur'an

  • Ayat per-ayat. kemudian dirangkai.
  • Dalam 1 halaman dibagi menjadi 2 atau 3 bagian, kemudian dihafal.
  • Langsung 1 Halaman penuh.

    Metodenya, jika Anda mau membaca dan mau mendengar...

    Metode 1
    Jika ayatnya panjang, gunakan pembagian menjadi 2/3 bagian. Baca ulangi sebanyak-banyak (Ingat dibaca, jangan di tutup qur'annya).

    Jika dirasa sudah sedikit "nyantol", sesekali buka-tutup Qur'annya. Jika sudah yakin, baru anda beranjak pada bagian selanjutnya. Jangan ganti posisi jika belum mantap/yakin.
    Metode 2
    Jika anda mencoba 1 halaman sekaligus, caranya Anda membacanya 40-70 kali non-stop. kira jika 1 halaman itu katakan 1,5-2 menit berarti 1 halaman jika dibaca 40 kali butuh waktu 1 Jam 20 menit (di ulang 40 kali).
    Metode 3
    Jika sudah terangkai 1 halaman atau lebih, segera setorkan ke Ustadz. Jika sudah selesai 1 Juz lengkap, maka Anda harus Juz 'Iyah.

    Apa itu Juz 'Iyah? Anda mengulang hafalan tersebut 1 Juz sekaligus (20 halaman), jika belum mampu 1/2 Juz (10 halaman), Jika belum mampu 1/4 Juz (5 halaman).

    Namun jika anda sudah sanggup 1/4 atau 1/2 Juz, maka usakan rangkailah menjadi 1 Juz kembali. Pada intinya usahakan 1 Juz sekaligus. [Ingat Kualitas, bukan kuantitas].

    Jika sudah, baca kembali Juz tersebut ulangi sampai 10 kali (dibaca saja) dalam 1 Hari (ini yang berat..., semampu kita saja), untuk menimbulkan reflek. Katanya temen, ini metode yang digunakan saudara-saudara muslim kita di Palestina.
    Metode 4
    Sering-seringlah dengarkan Murotal yang sedang dihafal, usahakan jangan mendengarkan hal-hal yang melalaikan. Pilihlah Murotal dari Syeikh Favorit.
    Metode 5
    Gunakan Hafalan yang sudah untuk dijadikan bacaan ketika Sholat-sholat wajib maupun Sholat Sunnah.

    Atau jika anda mau, Gunakan ketika Anda menjadi Imam Sholat Jama'ah (Sholat Jaher) Shubuh, Magrib, Isya'. Pasti anda benar-benar mempersiapkan hafalan tersebut.


    Jika Anda benar-benar siap, anda berarti siap-siap capek, jenuh, bahkan galau gara-gara susah "mancep" hafalannya. Sebagai solusinya :
    • Cari teman curhat ke sesama penghafal Qur'an.
    • Konsultasi sama Mentor Hafalannya.
    • Perbanyak doa.
    • Jangan terlalu "over"/berlebih-lebihan.
    Sekian tulisan kali ini, semoga ada manfaatnya...

    No comments:
    Write komentar

    Silahkan Berlangganan Gratis Artikel
    Segera update !