Jagalah Lisan


Setiap tutur kata yang terlontar pada hakikatnya adalah sebuah doa, setiap ucapan akan menjadi saksi, maka biarlah yang keluar hanya doa dan istighfar.

Betapa banyak orang yang jatuh kedalam padang neraka yang jaraknyak lebih jauh dari pada timur dan barat dikarnakan lisan yang tidak terkontrol.

إِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مَا يَتَبَيَّنُ مَا فِيْهَا يَهْوِى بِهَا فِي النَّارِأَبْعَدَمَا بَيْنَ الْمَسْرِقِ وَالْمَغْرِبِ


“Sesungguhnya seorang hamba yang mengucapkan suatu perkataan yang tidak dipikirkan apa dampak-dampaknya akan membuatnya terjerumus ke dalam neraka yang dalamnya lebih jauh dari jarak timur dengan barat”

Suatu ketika mu'adz bertanya kepada Nabi :
يَا نَبِّيَّ اللَّهِ وَإِنَّا لَمُؤَا خَذُونَ بِمَا نَتَكَلَّمُ بِهِ؟

“Wahai Nabi Allah, apakah kita kelak akan dihisab atas apa yang kita katakan ?”

Al-Hafidz Ibnu Rajab : “Yang dimaksud dengan buah lisannya adalah balasan dan siksaan dari perkataan-perkataannya yang haram. Sesungguhnya setiap orang yang hidup di dunia sedang menanam kebaikan atau keburukan dengan perkataan dan amal perbuatannya. Kemudian pada hari kiamat kelak dia akan menuai apa yang dia tanam. Barangsiapa yang menanam sesuatu yang baik dari ucapannya maupun perbuatan, maka dia akan menunai kemuliaan. Sebaliknya, barangsiapa yang menanam Sesuatu yang jelek dari ucapan maupun perbuatan maka kelak akan menuai penyesalan”.

Hal ini menunjukkan bahwa menjaga lisan dan senantiasa mengontrolnya merupakan pangkal segala kebaikan. Dan barangsiapa yang mampu menguasai lisannya maka sesungguhnya dia telah mampu menguasai, mengontrol dan mengatur semua urusannya”.

Dikala berbicara buahnya adalah perak, maka buah dari pada diam adalah emas.
Saling mendoakan sesama muslim, saling menjaga lisan agar saudara muslim tidak tersakiti adalah cerminan seorang muslim sejati.


الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ

Sejati seorang muslim adalah manakala orang muslim lainnya selamat dari ganguan lisan dan tangannya.

Penulis : M Uqbah A

No comments:
Write komentar

Silahkan Berlangganan Gratis Artikel
Segera update !