Kata-kata Mutiara

Ta'lim Anak-anak Dan Khitan Masal

 04 Juli 2017 07:30 WIB


Anak anak dan para orangtua berdatangan memenuhi ruangan yang telah disediakan, nkan disambut oleh panitia acara dengan senyman yang ramah, pena - pena bergoyang memainkan perannya. panitia menyerahkan seragam acara kepada para para peserta khitan, senyum bahagai terlintas di wajah anak-anak peserta khitan.

Acara yang diselenggarakan oleh Halaqoh Tahfizh Riyadhul Qur'an (HTRQ) Kampus manahan yang bertempatan di manahan, di ikuti oleh peserta anak -anak yang berusia SD, Acara dibuka oleh pembawa acara dengan semangat pagi di hadapan para peserta khitan bersama orangtua mereka. 

Sebuah muqoddimah yang baik, sebelum prosesi khitan berlangsung, anak-anak mendapatkan motivasi dan tausyih dari ust Burhan Shodiq, anak-anak antusia mendengrakan tausyiah beliau. 

Setelah sesi pertama bersama ust Burhan Shodiq usai, acara berlanjut dengan prosesi khitan yang sebelumnya, para wali dan anak-anak mendapatkan pengarahan tentang khitan dan apa-apa yang terkandung dalam khitan, yang disampaikan oleh dr.Ahmad.

Waktu menunjukan siangnya hari, dan akhirnya para peserta yang berjumlah kurang lebih 25 dipanggil satu persatu untuk melakukan sunnah nabi Ibrahim.
 
ثُمَّ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ اَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ اِبْرهِيْمَ حَنِيْفًا. وَمَا كَانَ مِنَ اْلمُشْرِكِيْنَ
Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad), “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif. Dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah”. [QS. An-Nahl : 123]
 
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اَلْفِطْرَةُ خَمْسٌ، اَلْخِتَانُ وَ اْلاِسْتِحْدَادُ وَ نَتْفُ اْلاِبْطِ وَ قَصُّ الشَّارِبِ وَ تَقْلِيْمُ اْلاَظْفَارِ
Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, :Fithrah itu ada lima : 1. Khitan, 2. Mencukur rambut kemaluan, 3. Mencabut bulu ketiak, 4. Memotong kumis, dan 5. Memotong kuku”. [HR. Bukhari juz 7, hal. 143]



No comments:

Powered by Blogger.