Orang Tua adalah Aktor Utama Pendidikan


Orangtua adalah madarasatul ula bagi anak-anaknya,mereka akan mencontoh apa yang diperbuat oleh orang tua, perkataan, tingkah laku dan lain sebagainya. Seorang perempuan layak untuk mengenyam pendidikan tinggi, karena ilmunya akan kembali pada mereka anak-anaknya.

Inilah yang mesti disadari dan diketahui oleh seorang ibu, tanggung jawab yang ia miliki, dengan suami bersama-sama mendidik dan mencetak generasi yang berbudi pekerti, dan menurunkan segala kebaikan yg dicontohkan dan diajarkan kepada mereka.

Mendidik anak tidak hanya menyekolahkan mereka dari tk sampai sma atau perkuliahan, justru pendidikan anak dimulai dari persiapan orangtua dalam membenahi, memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah dan keta'atan.

Dari awal tujuan mereka memadu


kasih, dan didalam proses kehamilan sudah dimulai pendidikan bagi sang buah hati. Apa yang dilakukan di masa kehamilan akan mempengaruhi sifat dan akhlaq anak nantinya. Dan tentunya kualitas makanan yang dikonsumsi si ibu memiliki andil besar dalam perkembangan fisik si anak.

Kemudian ketika lahir, orang tua merupakan guru pertama bagi mereka, kebiasaan positif yang mereka ajarkan akan membentuk karakter anak kedepannya. Maka cerminan anak adalah ada pada orang tua mereka.

Para ummahat, ibu-ibu di zaman dahulu menyusui anaknya dengan basmalah dan niat agar ketika dewasa anak bisa menjadi sosok besar dan memberi pengaruh positif dalam kehidupannya. Menjadi seorang ahli dalam berkuda, panglima perang, pemberani dan berilmu.

Maka dari itu nenek moyang kita dahulu juga adalah orang-orang besar. Sedangkan pada zaman sekarang tidak sedikit kita dapati ibu-ibu menyusui anaknya agar lekas tidur. Apa yang di harapkan dibalik hal yang sederhana ini ? Perjuangan mendidik anak adalah dari hal kecil, disertai doa yang tulus akan mempengaruhi perkembangan mereka.

Penulis : Ust Riyan

No comments:
Write komentar

Silahkan Berlangganan Gratis Artikel
Segera update !